5 Permainan Konsentrasi Anak Untuk Melatih Kecerdasan

Masa anak-anak adalah masa pertumbuhan dimana pada masa ini anak belajar untuk mengeksplorasi dunia sekitar untuk bekal masa depannya.  Tidak heran di masa pertumbuhan tersebut anak akan sangat aktif dan tentu saja senang untuk mencoba banyak hal-hal baru. Sebagai orang tua tentu saja anda harus memperhatikan aktivitas anak serta mengoptimalkan aktivitas tersebut untuk mendukung tumbuh kembang anak.  Salah satu aktivitas yang sangat digemari anak adalah permainan konsentrasi anak.

nah ternyata ada beberapa permainan anak yang bisa menstimulasi serta bermanfaat meningkatkan respon kerja otak anak anda.  tida hanya bisa bermain sendiri, anda juga bisa turut serta bermain bersama si kecil.  dan berikut ini adalah informasi tentang 5 Permainan Konsentrasi Anak Untuk Melatih Kecerdasan.

  1. Gelang daun

Untuk melakukan permainan ini hanya diperlukan 2 alat yaitu selotip serta aneka jenis daun. Langkah pertama lingkarkan selotip ada pergelangan lengan anak membentuk gelang.  Kemudian ajaklah anak anda untuk menempelkan aneka daun tersebut di selotip.  Biarkan anak anda memilih sendiri aneka daun tersebut sesuai keinginannya. Permainan ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan eksplorasi serta focus anak.

  1. Pesona air

Untuk permainan ini anda hanya memrlukan ember besar, spons kering, spons basah air serta gunting. Guntinglah spons menjadi ukuran yang mudah digenggam si kecil tetapi tidak terlalu kecil dan relative aman untuk si kecil. Ajak si kecil untuk memasukan spons kering ke dalam ember berisi air kemudian remas spons tersebut sampai kering. Lakukan permainan ini beberapa kali.  Permainan ini mengajarkan anak anda untuk mengamati perubahan ajaib yang terjadi.

  1. Permainan mengetuk

Dalam melakukan permainan ini anda hanya memerlukan benda yang ada di dalam rumah seperti sendok, pintu serta lainnya. Anak hanya diminta berbalik badan dan anda mulai mencoba untuk mengetuk benda tersebut, mintalah anak untuk menebak benda apa yang anda ketuk.  Permainan ini bisa melatih konsentrasi serta focus anak.

  1. Permainan merasakan

Permainan ini mengajak anak untuk bisa merasakan benda-benda di sekitarnya.  Anda bisa menggunakan bantal, sisir rambut, selimut, buah atau aneka mainan si kecil. Anak anda bisa merasakan perbedaan tekstur seperti sikat rambut yang kasar serta selimut yang halus.  Si kecil bisa lebih focus dan merasakan sensasi sentuhan yang berbeda-beda.

  1. Mencari warna

Sediakan kepingan kayu warna warni dan pastikan aman serta tidak berujung runcing yang dapat melukai si kecil. Pastikan setiap warna berpasangan. Mintalah si kecil untuk memasangkan potongan kayu yang sama warnanya.  Manfaat dari permainan konsentrasi ini adalah anak akan mengenal beragam warna serta menstimulasi kecerdasannya.

Itulah 5 Permainan Konsentrasi Anak Untuk Melatih Kecerdasan yang bisa anda coba.  Tidak perlu keluar rumah karena anda bisa melakukannya bersama si kecil di dalam rumah.  Lakukan permainan ini untuk membangun kedekatan anda dan si buah hati.  Namun ingat, perhatikan juga mood anak sebelum mengajaknya bermain ya agar manfaat permainan ini benar-benar maksimal.  Semoga informasi ini bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Syella

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *