5 Vendor Smartphone Terlaris di Indonesia, Siapa Jawaranya?

Pasar Riset International Data Corporation (IDC) baru saja merilis data pengiriman smartphone di Tanah Air pada kuartal tiga 2019. Data mengungkapkan, ada penurunan 9,9 persen atau sekitar 8,8 juta unit dibanding kuartal sebelumnya.

Menurut rilis resmi perusahaan, Jumat, 15 November 2019, meski secara kuartalan turun, tapi secara tahunan (year-on-year) mengalami peningkatan sebesar 1,8 persen. Kemudian pengiriman ponsel kelas menengah juga tumbuh 11,1 persen.

“Pertumbuhan ini didorong oleh kebutuhan untuk memperbarui dan adanya berbagai konten hiburan, seperti konsumsi media dan mobile gaming,” ungkap IDC.

Adapun lima vendor smartphone dengan perangkat paling laris manis sepanjang kuartal ketiga tahun ini, yakni Oppo, Vivo, Samsung, Realme, dan Xiaomi. Mayoritas perangkat menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon dan digawangi oleh vendor smartphone China.

Porsi market share yang paling tinggi adalah Oppo dengan persentase 26,2 persen. Oppo, kata dia, memegang pangsa pasar terbesar di segmen low-end dengan rentang harga US$100-200 atau sekitar Rp1,4-2,8 juta dan mid range direntang harga US$200-400 atau Rp2,8-5,6 juta, seperti pada model K3, A5 dan A9.

Posisi kedua, Vivo dengan persentase 22,8 persen. Perusahaan pada kuartal ini merilis beberapa produk di berbagai kelas. Pangsa pasarnya tumbuh signifikan di kelas menengah dan model yang jadi sorotan adalah Z1 Pro.

Selanjutnya Samsung dengan persentase 19,4 persen. Posisinya beberapa waktu belakangan ini adalah imbas dari persaingannya dengan vendor China.

“Samsung kehilangan pangsa pasar yang cukup signifikan karena pembaruan dari seri A, menjadi As. Terjadi terlalu cepat setelah peluncuran seri A yang sukses di awal tahun ini,” beber IDC.

Kemudian Realme, pendatang baru yang sudah mendapat 12,6 persen pangsa pasar. Perusahaan bersaing secara agresif dengan berbagai strategi pemasaran dan penawaran produk.

Terakhir Xiaomi dengan persentase 12,5 persen. Popularitas Xiaomi masih tetap ada, tapi sayangnya banyak unit tidak resmi di pasar, sehingga mengurangi penjualan unit resmi.

Sementara pada kuartal kedua tahun ini, lima vendor smartphone dengan perangkat paling laku, di Indonesia, yakni Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, dan Realme. Samsung pada kuartal kedua memimpin dengan pangsa pasar 26,9 persen, diikuti Oppo dengan pangsa pasar 21,5 persen. Sedangkan pangsa pasar Vivo 17 persen, Xiaomi 16,8 persen dan Realme 6,1 persen.

You May Also Like

About the Author: Syella

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *