Biar Rumah Aman dari Maling, Ikuti 7 Tips Pentingnya Disini!

Kasus pencurian dan perampokan rumah yang sering terjadi membuat kita harus lebih waspada dalam menjaga rumah agar terhindar dari kasus pencurian yang tidak diinginkan. Memberikan pengamanan rumah tentunya harus dilakukan, khususnya bagi kamu yang tinggal di wilayah perkotaan. Walaupun biasanya ada pengamanan yang diberikan dari luar, contohnya satpam, namun pencuri ada banyak cara untuk melaksanakan modus operasinya. Lalu, bagaimana cara menghadapi masalah tersebut? Supaya pengamanan rumah terjaga dengan baik, ada baiknya kamu mempersiapkan segala hal untuk mengamankan hunian. Ada banyak cara untuk mengatasinya kok, seperti beberapa tips berikut ini!

  1. Jaga Rumah supaya Tidak Kosong

Sumber: pinterest.com

Pada umumnya, maling bakal mengincar rumah yang tampak sepi dan gak ada aktivitas di dalamnya. Rumah yang selalu ada pemiliknya atau banyak aktivitas tentunya membuat maling enggan melaksanakan aksinya. Maka dari itu, buatlah rumah terkesan selalu ada penghuninya saat ingin bepergian. Cara yang bisa kamu lakukan agar rumah terkesan ada aktivitas adalah dengan menghidupkan sejumlah lampu ketika malam hari.

Tak cuma itu, kamu juga bisa menambahkan suara dari radio untuk memberikan kebisingan. Kalau kamu pergi dalam waktu yang lama, pakailah timer elektronik yang bisa mengubah radio tersebut mati dan hidup secara otomatis. Kamu bisa membeli radio secara online atau di Candi Elektronik. Ini akan membuat maling merasa kalau di rumah tersebut ada pemiliknya dan sedang melakukan aktivitas.

  1. Pasang Pagar Rumah yang Tinggi

Sumber: pinterest.com

Memasang pagar tinggi membuat hunian jadi lebih aman serta area pribadi di rumah tidak akan terganggu. Tapi, pagar rumah yang tinggi harus disesuaikan dengan hal-hal penting seperti konsep bangunan rumah, keselarasan dan keindahan desain model. Ada dua bahan yang umum digunakan untuk membuat pagar, yakni besi dan kayu. Untuk harganya tentu bervariasi.

  1. Gunakan Sensor atau Alarm Pemindai Gerak

Sumber: pinterest.com

Selanjutnya, cara untuk meningkatkan keamanan hunian adalah dengan memberikan sensor atau alarm pemindai di sekitar area rumah. Kamu bisa memasangkan ke pintu, jendela, serta bagian luar yang selalu menjadi sasaran maling. Untuk memasang sensor atau alarm pemindai, mungkin kamu bakal mengeluarkan banyak dana. Tapi, ini juga demi keamanan rumah dari maling, kan?

  1. Memelihara Hewan Penjaga

Sumber: pinterest.com

Untuk meningkatkan keamanan rumah, biasanya ada sebagian orang yang memelihara hewan tertentu buat menjaga area sekitar rumah. Hewan penjaga yang umum digunakan adalah anjing. Anjing yang sudah terlatih bakal menggonggong jika ada orang asing yang mendekati rumah yang dia jaga. Tak hanya itu, anjing juga termasuk hewan yang ditakuti. Selain membantu menghalangi perampok masuk ke dalam rumah, anjing juga bisa menjadi ‘alarm’ rumah kamu.

  1. Pantau Rumah dengan Memasang CCTV

Sumber: pinterest.com

Kalau kamu sering meninggalkan hunian dalam kondisi kosong, lebih baik pasang CCTV online di beberapa area sudut rumah. CCTV yang dipasang juga bakal melindungi rumah dari pencuri atau maling. Kamu pun gak perlu repot-repot memeriksa setiap waktu sebab hasil rekaman nya dapat dilihat lewat smartphone atau laptop yang terhubung.

  1. Mengunci Jendela dan Pintu

Sumber: pinterest.com

Dari banyaknya kasus perampokan rumah, mereka masuk melalui jendela atau pintu yang tak terkunci. Namun tak jarang juga maling yang masuk ke dalam rumah dengan kondisi pintu atau jendela yang terkunci. So, ada baiknya kamu gunakan kunci ganda pada pintu agar tidak dibobol maling. Pin tumbler jadi kunci utama, lalu lapisi pintu dengan slot kunci pintu. Buat pengaman jendela, rasanya gak cukup aman jika hanya dikunci seperti biasanya. Sebaiknya, gunakan terali juga pada jendela kamu. Ini berguna untuk menghindari pembobolan jendela oleh maling dengan mudah.

Beberapa cara di atas tentunya bisa kamu terapkan supaya pengamanan di rumah kamu terjaga dengan baik dan terhindar dari perampokan. Semoga bermanfaat!

You May Also Like

About the Author: Makka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *