Pilih Popok Kain atau Sekali Pakai Untuk Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Bagus?

Perlengkapan Bayi Baru Lahir – Popok merupakan perlengkapan yang wajib ada untuk kebutuhan bayi. Popok bayi memiliki dua jenis yaitu popok kain dan popok sekali pakai. Seringkali beberapa Moms bingung memberikan si kecil jenis popok sekali pakai atau popok kain. Maka dari itu mari Moms kita simak beberapa keunggulan dan kekurangan masing-masing dari kedua jenis popok tersebut.

Popok Kain atau Popok Sekali Pakai

Popok Kain

Popok kain biasanya lebih hemat dibanding popok sekali pakai karena dapat digunakan kembali. Menggunakan popok kain juga merupakan cara tradisional, lebih alami dan ramah lingkungan. Tetapi, menggunakan popok kain memiliki beberapa kekurangan yaitu kurang praktis dan repot karena Moms akan lebih sering mencuci popok kain karena si kecil yang baru lahir akan lebih sering buang air.

Pastikan Moms selalu segera mengganti popok kain si kecil setelah ia buang air agar kotoran dan bakteri tidak menumpuk dan memicu iritasi atau ruam popok. Popok kain cenderung dipasang menggunakan peniti, maka dari itu Moms sangat perlu hati-hati dalam menggunakannya. Jika perlu berikan peniti besar yang memiliki kepala plastik. Cara membersihkannya yaitu dengan memisahkan popok kain dengan pakaian. Usahakan membilas kotorannya terlebih dahulu sebelum dicuci.

Popok sekali pakai

Popok sekali pakai memiliki keunggulan yaitu lebih praktis dan tidak terlalu repot sering mengganti karena memiliki daya serap yang bagus. Daya serap yang tinggi inilah membuat si kecil dapat terhindar dari ruam popok. Moms juga dimudahkan jika berpergian kemanapun karena popok sekali pakai sangat mudah diganti dan langsung dibuang. Popok sekali pakai memiliki variasi ukuran sehingga Moms dapat menyesuaikan kebutuhan ukuran tubuh si kecil. Popok sekali pakai ini mengandandung bahan kimia dan kurang ramah lingkungan. Tetapi kadar kimia yang dikandungnya tidak mempunyai efek Panjang dan tidak terlalu berbahaya.

Mana yang lebih bagus?

Setiap jenis popok memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Lantas mana yang lebih bagus? Disarankan Moms dapat menggunakannya dengan cara kombinasi. Saat di rumah saja, Moms dapat menggunakan popok kain yang hemat dan ramah lingkungan. Sedangkan untuk travelling atau sedang berpergian Moms dapat menggunakan popok sekali pakai agar praktis dan tidak repot menggantinya terlalu sering.

Produk Perawatan Bayi Baru Lahir Terpercaya

Setelah mengetahui popok mana yang lebih cocok digunakan si kecil, Moms juga harus memperhatikan produk perawatannya. Seperti tisu basah bayi yang biasanya membantu untuk membersihkan area di balik popok Moms dapat menggunakan Mitu Baby Ganti Popok Wipes atau dapat menggunakan tisu basah bayi khusus bayi baru lahir yaitu Mitu Baby Sensitive Wipes. Tentu saja perawatan si kecil lainnya Moms dapat menggunakan sabun bayi, bedak, dan cologne. Seperti Mitu Baby Milk Bath, Mitu Baby Liquid Powder, dan Mitu Baby Cologne. Moms tak perlu khawatir karena produk perawatan Mitu Baby telah teruji klinis Hypoallergenic dan telah tersertifikasi halal.

About the Author: Makka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *