Suka Sarapan Bubur Kacang Hijau? Ini Manfaatnya

Ada berbagai macam menu sarapan, mulai dari susu, roti, nasi, bubur ayam, bahkan bubur kacang hijau. Bubur kacang hijau memang nikmat disantap saat memulai hari sebelum beraktivitas.

Kacang hijau mengandung vitamin, mineral, dan enzim yang bermanfaat bagi tubuh, sehingga baik untuk orang yang sedang program diet.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 100 gram kacang hijau rebus mengandung 7,02 gram protein, 19,15 gram karbohidrat, termasuk 2 gram gula, 7,60 gram serat makanan. Kacang hijau juga merupakan sumber vitamin B yang baik yang diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh dan menjaga kesehatan otak.

Secara khusus, kacang hijau adalah sumber vitamin B-9 yang sangat baik. Kacang hijau dikenal sebagai folat. Folat sangat penting sebelum dan selama kehamilan.

Dikutip dari Medical News Today, berikut ini manfaat yang didapat dari sarapan kacang hijau.

  1. Kaya vitamin C

Dengan mengkonsumsi satu mangkuk bubur kacang hijau sudah memenuhi sekitar seperempat dari kebutuhan vitamin C harian tubuh. Ini bisa membantu imunitas lebih kuat dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh dan saraf.

  1. Baik untuk jantung

Selain vitamin C, ada juga vitamin A, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, serta potasium yang bisa menyehatkan pembuluh darah. Kacang hijau juga mengandung antioksidan seperti flavonoid dan rendah kolesterol yang bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah, sehingga jantung bisa terhindar dari berbagai penyakit.

  1. Bikin mata sehat

Bukan hanya wortel, ternyata kacang hijau juga baik untuk mata. Adanya kandungan karotenoid yang tinggi dalam kacang hijau bisa mencegah terjadinya degenerasi makula, atau menurunnya kondisi penglihatan. Hal itu sering terjadi pada usia lansia, tapi bisa saja terjadi di usia-usia muda.

Selain itu, kacang ini juga tinggi kandungan lutein dan zeaxanthin yang bisa menyehatkan saraf dan otot-otot di mata.

  1. Cegah anemia

Kandungan zat besi yang ada di dalam kacang hijau bisa mencegah masalah anemia atau kurang darah. Jika itu terjadi, bisa membuat kurang berenergi, lemah, sulit berkonsentrasi, dan akhirnya mengganggu aktivitas.

  1. Membantu proses detoksifikasi

Berdasarkan penelitian di Journal Medicine of Healthy Food, kacang hijau bisa membantu proses detoksifikasi atau pembuangan racun dalam tubuh. Ini juga bisa meningkatkan kinerja hati dan ginjal agar tubuh tidak gampang terserang penyakit.

You May Also Like

About the Author: Syella

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *