Tips Supaya Kayu Tidak dimakan Rayap Tanah

Rayap adalah jenis serangga yang menjadikan berbagai perabotan rumah berbahan kayu menjadi mangsanya. Untuk itu, alangkah baiknya Anda menerapkan beberapa strategi untuk menghalau rayap yang datang. Tujuannya  agar rayap tidak punya kesempatan untuk mengoyak furniture rumah Anda, sehingga bisa bertahan lama.

Tahap persiapan hingga eksekusi perlu dilakukan agar perabotan berbahan dasar kayu terhindar dari rayap. Anda harus telaten dalam melakukannya, anggap saja hal ini sebagai investasi jangka panjang. Memilih kayu yang berkualitas adalah salah satu strategi agar ia terhindar dari rayap.

Pilihlah Kayu yang Berkualitas agar Terhindar dari Rayap

Hal pertama yang harus dipertimbangkan ketika membuat atau membeli furniture adalah materialnya. Pilihlah Kayu yang sekiranya bandel diserang rayap dan tidak mudah rusak di tempat lembab. Artinya, Anda harus memilih kayu yang tidak saja kuat menahan serangan berbagai hama, tetapi juga tidak rentan terhadap jamur dan lain sebagainya yang dapat memicu kerusakan.

Berbagai penelitian terus dilakukan untuk menemukan kayu yang tahan hama dan cuaca. Inilah beberapa kayu yang direkomendasikan sebagai material furniture karena kualitasnya yang baik.

Jati

Tidak sulit untuk menemukan kayu jati, karena hingga kini pohonnya masih banyak ditemukan di Indonesia. Walaupun kayu ini tidak tergolong langka, tapi harganya cukup tinggi karena kualitas yang tidak diragukan lagi.

Sejak dulu, jati dipercaya sebagai kayu berkualitas tinggi yang digunakan sebagai Kusen, soko, pintu, hingga perabotan rumah. Hal itu bukan omong kosong, Anda bisa menjumpai rumah dan juga perabotannya yang sudah puluhan tahun namun masih nyaman untuk digunakan.

Tidak heran, banyak petani yang memilih menanam pohon yang satu ini. Makin tua umur pohon jati, makin berkualitas dan makin mahal juga harga yang dibandrol. Kayu jenis lain, seperti meranti, sengon, merbau, dan ulin pun dianggap memiliki kualitas yang baik setelah jati.

Cara Mengawetkan Kayu agar tidak Dimakan Rayap dengan Mudah

Diasapi

Sebelum kayu dibuat furniture, biasanya diasapi terlebih dahulu agar lebih awet. Pengasapan bisa dilakukan secara tradisional menggunakan tungku atau cara modern dengan menggunakan oven.

Direndam

Sebelum dijadikan Kusen atau Furniture, alangkah baiknya kayu direndam terlebih dahulu, entah itu di sungai maupun di kolam.

Dioles

Sebelum kayu diubah menjadi furniture, lakukan pengolesan memakai campuran oli bekas dan solar dengan perbandingan yang seimbang. Tunggu beberapa saat hingga cairan tersebut meresap dan kering. Selanjutnya kembali olesi permukaan kayu dengan campuran oli bekas dan solar dengan perbandingan solar dua kali lebih banyak dari oli. Tunggu satu hingga tiga hari, lalu lanjutkan ke tahap berikutnya.

Strategi Melindungi Kayu dari Rayap setelah menjadi Furniture

Pengecatan

Silahkan Anda cat furniture yang sudah jadi dengan menggunakan cat yang tahan hama dan juga tahan jamur

Pelapisan

Sebagai proteksi tambahan, oleskan juga pelapis untuk menghalau hama yang kemungkinan menyerang dari permukaan.

Menggunakan Jasa Anti Rayap

Tidak sulit untuk memanggil jasa anti rayap di era sekarang. Jasa anti rayap Bali adalah tim yang sudah kredibel dalam membasmi hama.

Itulah beberapa tips agar kayu tidak dimakan Rayap Tanah.

You May Also Like

About the Author: Ira Nurhasanah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *