Tujuan dan Fungsi Pembelajaran Tematik

Metode belajar dengan menggunakan tematik (topik) sangat memiliki peran penting dalam meringankan siswa dalam mempelajari dan memahami materi yang tergabung di dalam sebuah topic juga pastinya memotivasi siswa dalam belajar karna materinya riil dan akan mudah diketahui dan dipahami oleh siswa

Tujuan dari seleksi dalam pembelajaran tematik agar siswa dapat ;

  1. Memudahkan dalam fokuskan perhatian siswa pada tema yang spesifik
  2. Dapat mempelajari ilmu pengetahuan dan juga dapat meningkatkan pengetahuan terutama dala tema yang hampir sama
  3.  Memiliki pengetahuan yang lebih baik pada tema materi yang diajarkan
  4. Mampu meningkatkan kemampuan dalam menyampaikan dan mengaitkan satu pelajaran dengan pelajaran lainnya dengan sangat baik karna akan sesuai dengan pengalaman dari setiap siswa.
  5. Dapat meningkatkan semangat belajar karna para siswa akan mampu menjelaskan bagaimana kondisi riil materi, misalnya para siswa mampu bertanya, bercerita, menulis dan juga mampu mengaitkan dengan pelajaran lainnya.
  6. Para siswa akan lebih merasakan manfaat yang didapatkan dari pembelajaran tematik  karna topic pembelajaran tematik ini jelas topic yang dibahasnya.
  7. Efesiensi dan efektifitas waktu bagi para pengajar karna mata pelajaran yang diajarkan bisa sesuai topik dan ini bisa dengan 2x atau bahkan sampai 3x pertemuan
  8. Kepribadian siswa dari segi nilai budi pekerti pun dapat ditumbuhkan pada siswa yaa tentunya dengan melihat situasi serta kondisi.

Ciri-ciri pembelajaran tematik

pembelajaran tematik memiliki ciri-ciri seperi di bawah ini :

  1. Fokus untuk dipelajari oleh siswa
  2. Dapat memberi experience bagi siswa
  3. Membantu memberi ide pembelajaran di dalam proses pembelajaran
  4. fleksible cara pembelajarannya
  5. Hasil dari pembelajaran tematik ini bisa sangat berkembang dan bermanfaat karena dapa dipilih sesuai kebutuhan dan ketertarikan siswa.  

Peranan Tema dalam proses belajar siswa

  • Dapat memberi experience dalam aktivitas pembelajaran, bagaimana mengajarkan siswa dengan dimasukkan tingkat perubahan pembelajaran untuk keperluan siswa
  • pembelajaran tematik akan menarik dan membuat siswa belajar menjadi menyenangkan karna didasari dengan keperluan dan ketertarikan siswa.
  • Hasil pembelajaran tematik ini biasanya membekas karna siswa akan merasa belajar ini lebih bermakna dan berkesan.
  • akan memberi peningkatan dalam keterampilan berpikir pastinya sesuai dengan masalah yang siswa temukan
  • Menumbuhkan rasa sosial yang tinggi terutama dalam hal kerjasama
  • akan menumbuhkan sikap toleransi yang tinggi, memiliki cara berkomunikasi yang baik dan responsive terhadap ide dan pemikiran oranglain dan para siswa akan lebih saling menghargai
  • Adanya aktivitas kunci jawaban tematik yang sering dan mudah ditemui di dalam lingkungan siswa.

Sekian artikel dari tujuan dan fungsi pembelajaran tematik, semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi kita semua terutama bagi para orangtua, guru dan murid.

Cukup sekian sharing hari ini dan Terima kasih.

About the Author: Cipoh